Skip to main content

Laporan PLP II tahap I

LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM
PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN II TAHAP I
BIDANG STUDI BAHASA INGGRIS
DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 JEMBER






RUHITA SARIDEWI HUTAMI
1510231019


FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
2018

LEMBAR PENGESAHAN

Laporan pelaksanaan program Pengenalan Lapangan Persekolahan II tahap I telah disusun oleh Ruhita Saridewi Hutami dan telah disetujui oleh pembimbing sebagai laporan sah atas pelaksanaan program PLP II bidang studi Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember.



Jember,  06 Februari 2018




Dosen Pembimbing





Indah Werdiningsih,M.Pd
NPK  150633
Mahasiswa,





Ruhita Saridewi Hutami
NIM, 1510231019

Mengetahui,
Ketua Panitia PLP II tahap I FKIP UM Jember



Henri Fatkurochman, SS. M. Hum.
NPK. 19730221 200501 1 003

DAFTAR ISI
i. Cover Luar


ii. Cover Dalam
......................................................
i
iii. Halaman Pengesahan
......................................................
ii
iv. Daftar Isi
......................................................
iii
BAB I : PENDAHULUAN
1. Deskripsi Umum
......................................................
1
2. Tujuan melaksanakan Program PLP II
......................................................
2
3. Ruang Lingkup Pengamatan
......................................................
2
BAB II : ISI (hasil pengamatan)
A. Deskripsi hasil telaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru.
......................................................
3
B. Deskripsi hasil telaah strategi pebelajaran yang digunakan guru.
......................................................
4
C. Deskripsi hasil telaah sistem evaluasi yang digunakan guru.
......................................................
5
D. . Deskripsi hasil telaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.
......................................................
6
BAB III : Penutup
A. Kesimpulan
......................................................
iv
B. Rekomendasi
......................................................
iv
Lampiran-lampiran
a. Lembar pengamatan


b. Foto kegiatan pengamanan


c. Dokumen terkait




BAB I
 PENDAHULUAN
1. Deskripsi Umum
            Sebagaimana dinyatakan pada Permenristekdikti Nomor 55 tahun 2017 Pasal 1 butir 8, PLP adalah proses pengamatan/observasi dan pe PLPan yang dilakukan mahasiswa Program Sarjana Pendidikan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan.
            PLP adalah suatu tahapan dalam proses penyiapan guru profesional pada jenjang Program Sarjana Pendidikan, berupa penugasan kepada mahasiswa untuk mengimplementasikan hasil belajar melalui pengamatan proses pembelajaran di sekolah/lembaga pendidikan. Latihan mengembangkan perangkat pembelajaran, dan belajar mengajar terbimbing, disertai tindakan reflektif di bawah bimbingan dan pengawasan dosen pembimbing dan guru pamong secara berjenjang.
            Pengenalan Lapangan Persekolahan II (PLP) tahap I adalah tahapan kedua dalam Pengenalan Lapangan Persekolahan Program Sarjana Pendidikan yang dilaksanakan pada semester kelima. Sebagai tahap lanjutan dari PLP I, PLP II tahap I dimaksudkan untuk memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi melalui berbagai bentuk aktifitas di sekolah, khususnya yang berkaitan dengan administrasi pembelajaran. Program PLP II tahap I adalah sebagai bentuk pelaksanaan mata kuliah Praktik Pengalaman Administrasi Pembelajaran. Setelah PLP II tahap I, kegiatan akan dilanjutkan dengan Pengenalan Lapangan Persekolahan II (PLP II) pada semester yang lebih tinggi.





2. Tujuan
            Setelah mengikuti kegiatan PLP II tahap I para mahasiswa diharapkan dapat memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi yang disertai dengan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir tingkat tinggi melalui kegiatan sebagai berikut :
1.      Menelaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru.
2.      Menelaah strategi pembelajaran yang digunakan guru.
3.      Menelaah sistem evaluasi yang digunakan guru
4.      Menelaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.
3. Ruang Lingkup
            Ruang lingkup PLP II tahap I meliputi penelaahan perangkat pembelajaran sesuai dengan bidang studi bahasa Inggris.












BAB II
ISI (hasil pengamatan)
A. Deskripsi hasil telaah kurikulum dan perangkat Pembelajaran yang digunakan guru.
1. Kurikulum merupakan salah satu unsur yang bisa memberikan kontribusi yang signifikan untuk mewujudkan proses berkembangnya kualitas potensi peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember, kurikulum yang digunakan di sekolah ini adalah Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 dikembangkan berbasis pada kompetensi sangat diperlukan sebagai instrumen untuk mengarahkan peserta didik menjadi : (1) manusia berkualitas yang mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. (2) manusia terdidik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan (3) warga negara yang demokratis, bertanggung jawab.
Kurikulum 2013 merupakan kurikulum operasional yang disusun oleh pemerintah (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) dan dilaksanakan oleh Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember sejak 2015 pada mata pelajaran Bahasa Inggris atas tujuan pendidikan sekolah, struktur dan muatan kurikulum, kalender pendidikan, silabus dan RPP.
2. Perangkat Pembelajaran.
            Rencana Pembelajaran merupakan skenario pembelajaran dengan pokok bahasan perpangkatan dan akar yang berisi tahapan-tahapan kegiatan pembelajaran di dalam kelas, tentang bagaimana menerapakan metode variasi sehingga mampu meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran (Zuhratuddin, 2014:16).
                        Untuk membuat perangkat pembelajaran guru harus melihat kalender akademik untuk menyesuaikan berapa minggu efektif mengajar untuk satu semester. Setelah itu guru melihat kompetensi inti dan kompetensi dasar melalui silabus yang sudah ada. Rumusan kompetensi inti adalah (1) KI 1 untuk kompetensi sikap spiritual. (2) KI 2 untuk kompetensi sikap sosial. (3) KI 1 untuk kompetensi pengetahuan.  (4) KI 4 untuk kompetensi ketrampilan. Setelah itu guru membuat program tahunan dan program semester. Setelah itu guru membuat rancangan pelaksanaan pembelajaran.
RPP yang di rancang oleh guru mata pelajaran bahasa inggris adalah satu kompetensi dasar untuk satu jam tatap muka, tetapi jika kompetensi yang akan dicapai terlalu sulit bisa satu rancangan untuk beberapa kali jam tatap muka. Selain itu didalam RPP tersebut juga terdapat rubrik penilaian.
B. Deskripsi hasil telaah strategi pembelajaran yang digunakan guru
            Strategi yang digunakan oleh guru adalah :
1. CLT (Communicative Language Teaching)
Communicative approach adalah pendekatan yang dipakai di kelas dalam ko nteks CLT. Pendekatan itu diantaranya adalah berupa jenis-jenis aktifitas kelas yang mengarahkan siswa pada penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional dan bukan bahasa sehari-hari siswa. Seperti role play, interviews, information gap, games, language exchanges, surveys, pair work, learning by teaching, dan lain-lain.           
2. Scientific approach (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mengkomunikasikan)
a.       Mengamati
Metode mengamati sangat bermanfaat bagi rasa ingin tahu siswa. Dengan mengamati, siswa menemukan fakta bahwa ada hubungan antara objek yang dianalisis dengan materi pembelajaran yang digunakan oleh guru. Menentukan cara dan melakukan pencatatan atas hasil observasi, seperti menggunakan buku catatan, kamera, tape recorder, video perekam, dan alat-alat tulis lainnya.
b.      Menanya
Pada kurikulum 2013 kegiatan menanya diharapkan muncul dari siswa.Kegiatan belajar menanya dilakukan dengan caramengajukan pertanyaan tentang informasi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati.
c.       Mengumpulkan Informasi
Mengumpulkan informasi/eksperimen kegiatan pembelajarannya antara lain: melakukan eksperimen, membaca sumber lain selain buku teks, mengamati objek/ kejadian/aktivitas.
d.      Mengasosiasi
Dalam kegiatan mengasosiasi/mengolah informasi terdapat kegiatan seperti menganalisa. Dengan menganalisa berarti siswa dapat menguraikan  informasi-informasi yang telah didapat sebelumnya.
e.       Mengkomunikasikan
Kegiatan belajar yang dilakukan pada tahapan mengkomunikasikan adalah menyampaikan hasil pengamatan, kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya. Kegiatan lainnya adalah menuliskan atau menceritakan apa yang ditemukan dalam kegiatan mencari informasi, mengasosiasikan.
C. Deskripsi hasil telaah sistem evaluasi yang digunakan guru.
            Sistem evaluasi guru di Madrasah Aliyah Negeri 2 jember, guru memberikan evaluasi kepada siswa yaitu dengan cara memberikan evaluasi lisan (speaking) dan tulisan. Dalam evaluasi lisan guru memberikan perintah untuk membaca teks atau mempraktekkan dialog, sedangkan evaluasi tulisan guru memberikan soal-soal yang ada didalam buku yang bersangkutan dengan materi yang telah dibahas.
            Selain itu guru juga menilai tentang sikap, ketrampilan dan kognitif. Nilai tersebut di rata-rata kemudian hasil akhir adalah nilai raport siswa. Guru juga memberiakan Ulangan Harian sebagai evaluasi setelah menerima materi pelajaran dan tidak dilakukan setiap hari melainkan siswa sudah menerima beberapa materi pembelajaran. Untuk tahap akhir evaluasi adalah ulangan akhir semester.
D. Deskripsi hasil telaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.
            Pada umumnya buku pegangan siswa dan guru adalah media utama untuk proses belajar dan mengajar disekolah. Tetapi untuk memperluas pengetahuan terkadang guru memanfaatkan internet untuk menambah atau mencari materi yang akan diajarkan kepada siswa. Tidak hanya menggunakan internet untuk mencari pengetahuan yang lain biasanya guru juga mengguakan media cetak seperti majalah, koran, dll.
            Dalam meningkatkan pemanfaatan teknologi lainnya, Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember telah tersedia laboratorium bahasa. Laboratorium bahasa biasanya digunakan untuk materi listening dan karena siswa terlalu banyak mungkin satu semester siswa masuk laboratorium bahasa hanya sekali. Teknologi lainnya yang digunakan guru adalah laptop dan LCD.
           










BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
            Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember sudah menggunakan Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran bahasa Inggris untuk kelas X hingga XII. Kurikulum 2013 adalah sebagai pedoman sekolah dalam menjalankan proses belajar dan mengajar. RPP di rancang oleh guru untuk proses belajar mengajar selama satu semester. Strategi yang digunakan guru adalah CLT dan Scientific Approach.
            Buku pegangan untuk guru dan siswa adalah media utama dalam proses pembelajaran bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember. Selain buku pegangan untuk guru, biasanya guru mencari dan menambah informasi terkait materi yang akan diajarkan melalui media internet atau media cetak.
B. Rekomendasi
            1. Rekomendasi untuk panitia pelaksana PLP tahap 1
            Pemberkalan yang dilaksanakan di Gedung G tidak efektif dan efisien dikarekan kondisi ruangan yang sempit dan panas, sehingga membuat mahasiswa tidak fokus. Sebaiknya memilih tempat yang efektif dan efisien sehingga mahasiswa bisa berkonsentrasi selama proses pembekalan.
            Untuk penerjunan sangat membingungkan, sebaiknya dilakukan serentak. Proses PLP II tahap I dilakukan selama 1 minggu dan cukup efektif. Tetapi waktu untuk proses membuat laporan terlalu mepet dengan deadline, sehingga mahasiswa keteteran dalam proses pembuatannya. Serta untuk penentuan jadwal PLP sebaiknya dipersiapkan mulai dari awal semester, karena waktu yang dipilih untuk penerjunan sekarang tidak efektif karena mahasiswa satu semester disibukkan oleh tugas-tugas kuliah yang lain dan mahasiswa butuh waktu lenggang setelah menghadapi UAS.

            2. Rekomendasi untuk sekolah
            Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember sangat menerima kehadiran mahasiswa PLP II tahap I. Untuk kedepannya semoga Mdrasah Aliyah Negeri 2 Jember tetap menjalin hubungan baik dengan Universitas Muhammadiyah Jember

                

Comments

Popular posts from this blog

Tugas Corel MEMBUAT KARTU NAMA

Bismillah. . Tugas dari p. Dedy semester 2 corel 1. Pertama yang harus dilakukan adalah membuka file new pada Corel Draw. Ntar muncul layar putihan ada kotak di tengah. Selanjutnya membuat persegi dengan ukuran 90 mm x 55 mm kayak gini nih . .  . . Habis gitu warnai background yang diinginkan. Mewarnainya dari Color Pallet.  kayak gini nih. . .  sudah ? mmmm, lalu buat lingkaran tuh di Ellipse tool  ntar buatnya jangan cuma 1, di copy biar jadi 2 :D kayak gini. .  dddduuuhhh dduuuhhh. . . kok gambar ellips nya keluar dari rectanglenya? padahal yang kepake cua setengahnya. nahh. . . gini nih ceritanya. klik objeknya tuh pertama tama tekan tombol Shift klik rectangle ama ellips nya 1 aja kalau keduanya susah sih, #padahal ndak bisa akunya :D lalu. . . . tuh kann. . . jadinya ilang setengah elipsnya :DD. . . abis gitu, abis gitu ngapain lagi ya??. . . that's true. ditarik tarik tuh elips nah diganti warna tuh...

Tugas power point TIK Profil Sekolah

Tugas power point ini ada ketentuan yaitu menggunakan Slide Master dan HyperLink Bagaimanakah cara membuat hyperlink dan power point? saya jelaskan sedikit bagaimana membuat hyperlink. . 1. langkah pertama, block tulisan yang ingin di klik hyperlink lalu klik kanan  Jika muncul tampilan seperti itu, Kita pilih tulisan “Hyperlink. 2. akan muncul . Saatnya kita klik link yang ada di slide yang kita inginkan Tergantung dimana link yang kita inginkan jika di luar power point kita pilih “current Folder” BEGITULAH singkatnya.. . HOW TO MAKE SLIDE MASTER ? this is it. . . 1. buat Blank Slide 2. 2.   Buat desain yang di inginkan, seperti gambar berikut    Lalu kita save as dengan JPEG. Ingat JPG. Okay!!         .    Buka tampilan utama Microsoft power point, Layout kita buat Blank. Open menu “View” =>klik   “Slide Master” Akan muncul lembar ...