LAPORAN
PELAKSANAAN PROGRAM
PENGENALAN
LAPANGAN PERSEKOLAHAN II TAHAP I
BIDANG
STUDI BAHASA INGGRIS
DI
MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 JEMBER
RUHITA
SARIDEWI HUTAMI
1510231019
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH JEMBER
2018
LEMBAR
PENGESAHAN
Laporan pelaksanaan
program Pengenalan Lapangan Persekolahan II tahap I telah disusun oleh Ruhita
Saridewi Hutami dan telah disetujui oleh pembimbing sebagai laporan sah atas
pelaksanaan program PLP II bidang studi Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah
Negeri 2 Jember.
Jember, 06 Februari 2018
Dosen Pembimbing
Indah Werdiningsih,M.Pd
NPK 150633
|
Mahasiswa,
Ruhita Saridewi Hutami
NIM, 1510231019
|
Mengetahui,
Ketua
Panitia PLP II tahap I FKIP UM Jember
Henri Fatkurochman,
SS. M. Hum.
NPK. 19730221
200501 1 003
DAFTAR
ISI
i.
Cover Luar
|
|
|
ii.
Cover Dalam
|
......................................................
|
i
|
iii.
Halaman Pengesahan
|
......................................................
|
ii
|
iv.
Daftar Isi
|
......................................................
|
iii
|
BAB I : PENDAHULUAN
1.
Deskripsi Umum
|
......................................................
|
1
|
2.
Tujuan melaksanakan Program PLP II
|
......................................................
|
2
|
3.
Ruang Lingkup Pengamatan
|
......................................................
|
2
|
BAB II : ISI (hasil pengamatan)
A.
Deskripsi hasil telaah kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan
guru.
|
......................................................
|
3
|
B.
Deskripsi hasil telaah strategi pebelajaran yang digunakan guru.
|
......................................................
|
4
|
C.
Deskripsi hasil telaah sistem evaluasi yang digunakan guru.
|
......................................................
|
5
|
D.
. Deskripsi hasil telaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam
pembelajaran.
|
......................................................
|
6
|
BAB III : Penutup
A.
Kesimpulan
|
......................................................
|
iv
|
B.
Rekomendasi
|
......................................................
|
iv
|
Lampiran-lampiran
a.
Lembar pengamatan
|
|
|
b.
Foto kegiatan pengamanan
|
|
|
c.
Dokumen terkait
|
|
|
BAB I
PENDAHULUAN
1. Deskripsi Umum
Sebagaimana dinyatakan pada Permenristekdikti Nomor 55
tahun 2017 Pasal 1 butir 8, PLP adalah proses pengamatan/observasi dan pe PLPan
yang dilakukan mahasiswa Program Sarjana Pendidikan untuk mempelajari aspek
pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan.
PLP adalah suatu tahapan dalam proses penyiapan guru
profesional pada jenjang Program Sarjana Pendidikan, berupa penugasan kepada
mahasiswa untuk mengimplementasikan hasil belajar melalui pengamatan proses
pembelajaran di sekolah/lembaga pendidikan. Latihan mengembangkan perangkat
pembelajaran, dan belajar mengajar terbimbing, disertai tindakan reflektif di
bawah bimbingan dan pengawasan dosen pembimbing dan guru pamong secara
berjenjang.
Pengenalan Lapangan Persekolahan II (PLP) tahap I adalah
tahapan kedua dalam Pengenalan Lapangan Persekolahan Program Sarjana Pendidikan
yang dilaksanakan pada semester kelima. Sebagai tahap lanjutan dari PLP I, PLP
II tahap I dimaksudkan untuk memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan
bidang studi melalui berbagai bentuk aktifitas di sekolah, khususnya yang
berkaitan dengan administrasi pembelajaran. Program PLP II tahap I adalah
sebagai bentuk pelaksanaan mata kuliah Praktik Pengalaman Administrasi
Pembelajaran. Setelah PLP II tahap I, kegiatan akan dilanjutkan dengan
Pengenalan Lapangan Persekolahan II (PLP II) pada semester yang lebih tinggi.
2. Tujuan
Setelah mengikuti kegiatan PLP II tahap I para mahasiswa
diharapkan dapat memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan bidang studi
yang disertai dengan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir tingkat
tinggi melalui kegiatan sebagai berikut :
1. Menelaah
kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru.
2. Menelaah
strategi pembelajaran yang digunakan guru.
3. Menelaah
sistem evaluasi yang digunakan guru
4. Menelaah
pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.
3. Ruang Lingkup
Ruang lingkup PLP II tahap I meliputi penelaahan
perangkat pembelajaran sesuai dengan bidang studi bahasa Inggris.
BAB II
ISI (hasil pengamatan)
A.
Deskripsi hasil telaah kurikulum dan perangkat Pembelajaran yang digunakan
guru.
1.
Kurikulum merupakan salah satu unsur yang bisa memberikan kontribusi yang
signifikan untuk mewujudkan proses berkembangnya kualitas potensi peserta didik
untuk mencapai tujuan pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember, kurikulum
yang digunakan di sekolah ini adalah Kurikulum 2013. Kurikulum 2013
dikembangkan berbasis pada kompetensi sangat diperlukan sebagai instrumen untuk
mengarahkan peserta didik menjadi : (1) manusia berkualitas yang mampu dan
proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. (2) manusia terdidik
yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,
berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan (3) warga negara yang demokratis,
bertanggung jawab.
Kurikulum
2013 merupakan kurikulum operasional yang disusun oleh pemerintah (Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan) dan dilaksanakan oleh Madrasah Aliyah Negeri 2
Jember sejak 2015 pada mata pelajaran Bahasa Inggris atas tujuan pendidikan
sekolah, struktur dan muatan kurikulum, kalender pendidikan, silabus dan RPP.
2.
Perangkat Pembelajaran.
Rencana Pembelajaran merupakan skenario pembelajaran
dengan pokok bahasan perpangkatan dan akar yang berisi tahapan-tahapan kegiatan
pembelajaran di dalam kelas, tentang bagaimana menerapakan metode variasi
sehingga mampu meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran (Zuhratuddin,
2014:16).
Untuk
membuat perangkat pembelajaran guru harus melihat kalender akademik untuk
menyesuaikan berapa minggu efektif mengajar untuk satu semester. Setelah itu
guru melihat kompetensi inti dan kompetensi dasar melalui silabus yang sudah
ada. Rumusan kompetensi inti adalah (1) KI 1 untuk kompetensi sikap spiritual.
(2) KI 2 untuk kompetensi sikap sosial. (3) KI 1 untuk kompetensi
pengetahuan. (4) KI 4 untuk kompetensi
ketrampilan. Setelah itu guru membuat program tahunan dan program semester.
Setelah itu guru membuat rancangan pelaksanaan pembelajaran.
RPP
yang di rancang oleh guru mata pelajaran bahasa inggris adalah satu kompetensi
dasar untuk satu jam tatap muka, tetapi jika kompetensi yang akan dicapai
terlalu sulit bisa satu rancangan untuk beberapa kali jam tatap muka. Selain
itu didalam RPP tersebut juga terdapat rubrik penilaian.
B.
Deskripsi hasil telaah strategi pembelajaran yang digunakan guru
Strategi yang digunakan oleh guru adalah :
1. CLT (Communicative
Language Teaching)
Communicative
approach adalah pendekatan yang dipakai di kelas dalam ko nteks CLT. Pendekatan
itu diantaranya adalah berupa jenis-jenis aktifitas kelas yang mengarahkan
siswa pada penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional dan bukan
bahasa sehari-hari siswa. Seperti role play, interviews, information gap,
games, language exchanges, surveys, pair work, learning by teaching, dan
lain-lain.
2. Scientific approach
(mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mengkomunikasikan)
a.
Mengamati
Metode mengamati sangat bermanfaat bagi rasa ingin
tahu siswa. Dengan mengamati, siswa menemukan fakta bahwa ada hubungan antara
objek yang dianalisis dengan materi pembelajaran yang digunakan oleh guru. Menentukan
cara dan melakukan pencatatan atas hasil observasi, seperti menggunakan buku
catatan, kamera, tape recorder, video perekam, dan alat-alat tulis lainnya.
b.
Menanya
Pada
kurikulum 2013 kegiatan menanya diharapkan muncul dari siswa.Kegiatan belajar
menanya dilakukan dengan caramengajukan pertanyaan tentang informasi yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati.
c.
Mengumpulkan Informasi
Mengumpulkan
informasi/eksperimen kegiatan pembelajarannya antara lain: melakukan
eksperimen, membaca sumber lain selain buku teks, mengamati objek/
kejadian/aktivitas.
d.
Mengasosiasi
Dalam
kegiatan mengasosiasi/mengolah informasi terdapat kegiatan seperti menganalisa.
Dengan menganalisa berarti siswa dapat menguraikan informasi-informasi yang telah didapat
sebelumnya.
e.
Mengkomunikasikan
Kegiatan belajar yang dilakukan pada tahapan
mengkomunikasikan adalah menyampaikan hasil pengamatan, kesimpulan berdasarkan
hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya. Kegiatan lainnya
adalah menuliskan atau menceritakan apa yang ditemukan dalam kegiatan mencari
informasi, mengasosiasikan.
C.
Deskripsi hasil telaah sistem evaluasi yang digunakan guru.
Sistem evaluasi
guru di Madrasah Aliyah Negeri 2 jember, guru memberikan evaluasi kepada siswa
yaitu dengan cara memberikan evaluasi lisan (speaking) dan tulisan. Dalam
evaluasi lisan guru memberikan perintah untuk membaca teks atau mempraktekkan
dialog, sedangkan evaluasi tulisan guru memberikan soal-soal yang ada didalam
buku yang bersangkutan dengan materi yang telah dibahas.
Selain itu guru juga menilai tentang sikap, ketrampilan
dan kognitif. Nilai tersebut di rata-rata kemudian hasil akhir adalah nilai
raport siswa. Guru juga memberiakan Ulangan Harian sebagai evaluasi setelah
menerima materi pelajaran dan tidak dilakukan setiap hari melainkan siswa sudah
menerima beberapa materi pembelajaran. Untuk tahap akhir evaluasi adalah
ulangan akhir semester.
D.
Deskripsi hasil telaah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam
pembelajaran.
Pada umumnya buku pegangan siswa dan guru adalah media
utama untuk proses belajar dan mengajar disekolah. Tetapi untuk memperluas
pengetahuan terkadang guru memanfaatkan internet untuk menambah atau mencari
materi yang akan diajarkan kepada siswa. Tidak hanya menggunakan internet untuk
mencari pengetahuan yang lain biasanya guru juga mengguakan media cetak seperti
majalah, koran, dll.
Dalam meningkatkan pemanfaatan teknologi lainnya,
Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember telah tersedia laboratorium bahasa.
Laboratorium bahasa biasanya digunakan untuk materi listening dan karena siswa
terlalu banyak mungkin satu semester siswa masuk laboratorium bahasa hanya
sekali. Teknologi lainnya yang digunakan guru adalah laptop dan LCD.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember sudah menggunakan
Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran bahasa Inggris untuk kelas X hingga XII.
Kurikulum 2013 adalah sebagai pedoman sekolah dalam menjalankan proses belajar
dan mengajar. RPP di rancang oleh guru untuk proses belajar mengajar selama
satu semester. Strategi yang digunakan guru adalah CLT dan Scientific Approach.
Buku pegangan untuk guru dan siswa adalah media utama
dalam proses pembelajaran bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember.
Selain buku pegangan untuk guru, biasanya guru mencari dan menambah informasi
terkait materi yang akan diajarkan melalui media internet atau media cetak.
B. Rekomendasi
1. Rekomendasi untuk panitia pelaksana PLP tahap 1
Pemberkalan yang dilaksanakan di Gedung G tidak efektif
dan efisien dikarekan kondisi ruangan yang sempit dan panas, sehingga membuat
mahasiswa tidak fokus. Sebaiknya memilih tempat yang efektif dan efisien
sehingga mahasiswa bisa berkonsentrasi selama proses pembekalan.
Untuk penerjunan sangat membingungkan, sebaiknya
dilakukan serentak. Proses PLP II tahap I dilakukan selama 1 minggu dan cukup
efektif. Tetapi waktu untuk proses membuat laporan terlalu mepet dengan
deadline, sehingga mahasiswa keteteran dalam proses pembuatannya. Serta untuk
penentuan jadwal PLP sebaiknya dipersiapkan mulai dari awal semester, karena
waktu yang dipilih untuk penerjunan sekarang tidak efektif karena mahasiswa
satu semester disibukkan oleh tugas-tugas kuliah yang lain dan mahasiswa butuh
waktu lenggang setelah menghadapi UAS.
2. Rekomendasi untuk sekolah
Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember sangat menerima kehadiran
mahasiswa PLP II tahap I. Untuk kedepannya semoga Mdrasah Aliyah Negeri 2
Jember tetap menjalin hubungan baik dengan Universitas Muhammadiyah Jember
Comments
Post a Comment